Jumat, 07 Juli 2017

[Review] Nyaman Berobat di Puskesmas Masa Kini


Assalamualaikum Guys,  happy Syawal! Minal Aidin Wal Faidzin yaaa, hehe. Telat banget gw ngucapin yak, yah daripada nggak sama sekali yak. Sama halnya dengan pepatah yang mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati". Halah, dimana letak nyambungnya Dev? Ada dong karena gw mau bercerita soal pengalaman berobat pertama kali ke Puskesmas Cinere. 
Anywayzzzz, sambil nulis ini gw sambil menanti antrian klinik gigi di Puskesmas Cinere. Dua hari yang lalu, malam hari setelah gw nonton bahagia film Sweet 20 bersama Lemi di Penvill, tetiba gigi gw ngilu banget sampe gw mau nangis-nangis rasanya. Bolongnya mah udah agak lama sebenernya nih gigi graham belakang tambahan gw. Dari puasa ada bolongan kecil yang cukup merepotkan hati karena gw pr banget harus ngebersihin pake tusuk gigi tiap abis makan. Dan sekarang nambahin PR karena rupanya dia mengirim impuls rasa sakit ke kepala, pipi dan sekitarnya. Maka gegara kejadian malam itu, esoknya di hari Jumat, gw putuskan ke Puskesmas terdekat di Cinere guna meminta surat rujukan perawatan ke rumah Rumah Sakit Prikasih. Dengan nyantainya gw memutuskan untuk jalan siang hari aja, setelah jam 1 siang. Beugh, ternyata tak bisa kenkawan. Rupanya prosedur yang tepat itu, gw harus perawatan di Puskesmas Cinere tersebut baru kalo membutuhkan tindakan lanjutan atau ga bisa ditangani kasusnya, gw dirujuk ke rumah sakit. Dan kalo mau ke klinik gigi Puskesmas situ harus sudah ambil antrian sedari pagiiii banget. Gw dikasih tahu ini juga sama abang mie yamin yang gw makan di Jumat siang selepas nanya-nanya di Puskesmas. Maka dengan tekad tak ingin mengalami sakit gigi berlarut-larut (yang menurut gw sakit ini sama menyebalkannya dengan patah hati,  eaa), pagi banget selepas subuh, menjelang jam 6 pagi ini gw sudah berangkat menuju Puskesmas.

Beberapa orang mempertanyakan emangnya Puskesmas udah buka dari pagi? Ternyata sodara-sodara, saat jam 6 lewat ga banyak itu, gw sudah dapat antrian buntut untuk klinik gigi ckck. Yang lain ada loh yang ngantri lebih pagi dari gw hehe. Jadi bisa tuh kalo seandainya kalian mau berobat di Puskesmas sini,  datang dari selepas subuh. Apalagi untuk klinik gigi di hari sabtu kayak gini cuma ampe 15 pasien aja ambilnya.
Awalnya gw pikir agak ribet juga sih ya mau berobat harus ambil nomor dan daftar. Tapi sebenernya nggak seribet itu saat dijalani. Karena kan awalnya ambil nomor antrian, lalu lo akan dipanggil nomor antrian itu untuk ambil nomor antrian di klinik yang lo tuju, baru bisa daftar. Dipikir-pikir cukup simpel lah meski harus ngambil nomor antrian dua kali.  Kata Bapak Yamin yang ngobrol ama gw sih supaya lebih tertib aja. Tapi emang gitu sih yaa.
Nah setelah lo ambil nomor yang pertama,  lo menunggu dipanggil untuk ambil nomor antrian untuk ke klinik ya. Nomor antrian klinik itu keluar dari sebuah mesin yang lo pencet beberapa kali, pertama untuk ambil nomor antrian klinik, lalu ambil juga untuk antrian pendaftaran di loket. Yup, sebelum bisa mengantri di klinik, lo kudu mendaftarkan diri lo di loket pendaftaran. Apa aja yang harus dibawa? Well, cukup isi formulir aja,  terutama buat yang baru pertama kali ke situ yaa. Gw juga ngasih kartu bpjs gw untuk didaftarin karena gw baru pertama kali gitu berobat ke situ. Next setelah urusan mendaftar beres, gw memutuskan balik ke rumah yang memang nggak jauh dari Puskesmas. Mumpung klinik juga baru buka jam 8, lagipula gw antrian buncit gitu jadi kata Ibu di bagian pendaftarannya gw bisa datang kira-kira jam 9-an.

Nah menjelang jam 9, orang serumah panik kan karena gw masih sempatnya bobok cantik (ngantuk euy). Dengan mata sepet gw segera memesan gojek dan tak lama kemudian sudah duduk manis menunggu di dekat klinik gigi. Suasana puskesmas sudah ramai. Gw bertanya pada seorang mas-mas yang juga duduk di antrian klinik gigi. Ternyata kita nggak harus nanya orang lagi untuk tahu sudah antrian keberapa seperti terakhir gw berobat ke dokter gigi di rumah sakit jaman baheula. Gw cukup ngecek layar monitor yang dipajang di dekat tempat bermain anak,  nggak jauh dari klinik gigi. So convinient untuk orang sekip macam gw hehe. Gw belum bisa komentar soal gimana hasil berobat karena gw masih nunggu nomor antrian gw dipanggil. Yang jelas untuk urusan pelayanan cukup ramah lah yah,  toh sebenernya gw juga nggak banyak bertanya sama perawat atau staff sini sih. Dan suasanya di dalam Puskesmas cukup nyaman, AC-nya cukup berasa dan lingkungannya bersih terawat.

Sekian laporan dari gw ya, will edit soon with pictures and further explanation (if there's any! :D). Sebenernya postingan syawal ini enaknya dimulai dengan cerita seputar Lebaran kemaren sih yaaa. Nanti deh ya kalo gw bisa gw ceritain juga pengalaman Lebaran kemaren 😊

EDIT

Jadi, gw udah mendapatkan perawatan untuk masalah gigi bolong di graham belakang. Kemaren gw kelewat sebenernya nomor panggilnya (tetep aja sekip ya huhu). Untungnya dokternya baik dan masih ngizinin gw untuk berobat. Dan bahkan nggak diomelin. Dokternya ibu-ibu gitu. Udah gitu, keadaan ruangan saat itu agak berantakan sih... Overall pelayanan cukup oke. Gigi gw berhasil ditambah meski dokternya agak nggak yakin keberhasilannya karena posisi gigi gw yang miring dari tempatnya. Tapi sekarang sih alhamdulillah udah nggak kambuh ngilunya. Meski tambalannya agak masih kerasa baunya sampe esok hari setelah ditambal. Dan ketika mau perawatan gigi di puskesmas, pastikan bawa gelas sendiri yaaa. Gw baru tahu sih di puskesmas situ mesti kayak gitu karena mereka nggak nyediain gelas stainless steel yang emang lebih aman bakteri ketimbang gelas plastik. Catatan kalo besok Sabtu gw mau lanjut ngerjain tambalan sementara ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Jenis Skincare Ini Wajib Kamu Jalani Agar Wajahmu Awet Muda

Sumber: https://content.mybeautymatches.com/dist_1.0/editorial/Korean-Skin-care-1.jpg Pernah enggak Ladies, saat bercermin, kamu m...