Senin, 17 Juli 2017

Simple Skin Care Routine for Lazy People



Tubuh itu bagaikan rumah dari jiwa. Kalo tinggal di rumah yang kotor dan berantakan, diakuin atau enggak sebenernya pasti nggak nyaman kan? Well, gw bukan orang paling rapih serumah, tapi emang sebenernya ada ngaruhnya sih kondisi kerapihan rumah dengan mood dan motivasi diri. Bisa jadi, selama ini kalo di rumah bawaan mager itu tinggi gara-gara rumah gw berantakan. Nah, begitu juga dengan kondisi tubuh dan tampilan fisik. Pasti ada beda deh rasanya, ketika tampilan diri kita lagi oke dan lagi enggak oke. Bawaan males jauh lebih besar ketika fisik kita pun lagi nggak terawat, kan?

Double Cleansing Simpel dan Murah a la Devi

Skin care alias perawatan kulit. Hal itu yang lagi jadi perhatian gw belakangan ini. Jujur, sebelum-sebelumnya gw termasuk malas ngerawat diri (hehe jadi malu). Dan untungnya, arus informasi semakin tinggi dewasa ini. Makin banyak orang yang sharing seputar skin care baik di youtube maupun website dan blog. Gw pun mulai makin tercerahkan semenjak nontonin beauty vlogger, dan juga baca-baca artikel pastinya. Kali ini gw mau sedikit sharing nih tentang skin care routine simpel yang gw lakukan hampir setiap hari. Kenapa hampir? Karena ada kalanya juga gw males banget. But don't worry, seminimal mungkin tetep cuci muka pake facial wash kok hehe.



Jadi, biasanya selepas pulang, gw akan segera melakukan double cleansing. Apa tuh double cleansing? Double cleansing adalah tahapan membersihkan wajah dari debu dan kotoran sebanyak dua kali. Double cleansing kayaknya juga belum lama digencarkan sih, tapi mungkin sebenernya ini bukan tahapan yang asing. Double cleansing kayaknya jadi mencuat namanya setelah skin care routine a la Korea booming. Ya, gw sebenernya udah lama juga ngelakuin tahapan ini, tepatnya sejak kuliah.

Cleansing yang pertama sebenernya ada banyak banget jenisnya, bisa menggunakan cleansing oil, micellar water, dll. Tapi yang biasa gw lakukan menggunakan cleansing milk. Produk yang gw pakai juga bukan produk drug store mahal, tapi produk yang bahkan bisa lo beli di Indomaret atau Alfamart, yaitu Viva Milk Cleansing. Harganya murah banget, nggak nyampe sepuluh ribu. Tapi ini cukup ampuh untuk ngangkat kotoran. Caranya yang gw lakukan nih, nggak tahu salah apa bener, mengusap-ngusapkan milk cleansing di permukaan wajah, lalu dihapus sampai bersih dengan menggunakan kapas.

combo Viva andalan


Setelah memakai milk cleansing, gw pun mencuci muka gw dengan air hangat, lalu menggunakan facial wash. Biasanya gw pakai facial wash Wardah, mencoba memakai produk halal gitu ceritanya hehe. Untuk produk gw nggak spesifik jenis yang mana karena Wardah punya beberapa jenis facial wash kan ya. Yang lagi gw cobain saat ini sih yang Whitening Secret. Kenapa? Mungkin secretly gw pengen kulit gw lebih putih haha. Whitening Secret ini sih teksturnya gel, dan lembut gitu. Masih ada wangi, tapi nggak nyengat. Cuma busa yang dihasilkan nggak sebanyak kayak kalo lo lagi nyuci pakaian, jadi mungkin dia nggak pake bahan dari pemutih detergen wkwkw.



Setelah dibilas facial wash-nya dengan air dingin, gw keringkan pake tisu lalu gw akhiri rutinitas kecantikan gw dengan memakai toner. Produk yang gw pakai masih satu rangkaian dengan milk cleanser-nya, yaitu toner-nya Viva. Cara pakainya: tuangkan cairan toner ke kapas, lalu ditap-tap ke seluruh muka. Gw baca di artikel mana sih pake toner harusnya ditap-tap, tapi kadang gw masih kebawa kebiasaan lama, ngusep-ngusepin kapas tonernya ke wajah gw.



Sebenernya rutinitas untuk kecantikan wajah yang gw lakukan sehari-hari udah selesai sampe situ. Tapi, bulan puasa kemarin gw sempat menggunakan produk Green Tea Fresh Special Kit-nya Innisfree. Ini gratisan gitu setelah gw dan adek gw si Sarah belanja beberapa produk make up di sana. Bisa dibilang kemarin gw cukup rutin menggunakan produk Innisfree ini. Apa aja sih isinya? Dia ada tiga produk berukuran mini: satu toner, satu fresh cream dan satu essence. Gw pake ini setelah proses double cleansing dan pake toner pertama selesai. Penggunaan yang tepat menurut artikel yang gw baca adalah dari yang paling cair teksutrnya ke yang paling creamy. Mungkin supaya si-toner dan cream-nya bisa meresap sampe ke dalam kulit ya.

Terus Dev, setelah lo melakukan semua skin care routine itu ada hasilnya kah?

Well, bisa dibilang: ada. Pertama, muka gw udah nggak sekusam dulu waktu males bersihin dan ngerawat wajah. Kedua, kulit wajah gw jadi lebih lembut. Bahkan orang-orang di sekitar gw pun ngerasa bahwa gw terlihat lebih cerah (meski ini ada hubungannya sama krim Kelly yang gw pakai sebagai alas bedak hehe). Masalah sih masih ada di wajah gw. Yang paling bikin gw gemas adalah keberadaan white head dan black head alias komedo, serta pori-pori yang masih terlihat cetar. Dan gw masih kurang puas sih sebenernya akan tingkat kecerahan dan kelembutan wajah hehe (dasar manusia nggak pernah puas wkwkwk). Mungkin karena gw ada kalanya masih males untuk double cleansing, dan bisa juga karena perawatan yang gw lakukan masih terlalu minim. Kenapa minim?

Gaes, di jaman makin modern ini, ternyata skin care product pun makin merajalela. Kayak lo butuh pake serum, vitamin C, krim pagi dan malem, bahkan mata pun ada krim-nya alias eye cream! Apalagi kalo liat skin care routine-nya vlogger, beugh masih banyak banget yang belom gw kerjain huhu. Bahkan sekelas Gita Savitri Devi yang bukan beauty guru aja, skin care-nya banyak banget dari Sabang sampe Merauke dah haha. It's okay, guys. Jika kalian pun masih punya masalah yang sama dengan gw, yaitu skin care yang belom rutin dan masih ala kadarnya, kita masih punya kesempatan untuk terus memperbaiki diri. Ketika gw lagi males-malesnya banget, salah satu cara buat numbuhin semangat diri sebenernya dengan perawatan wajah sih hahaha. And i think it works. So you should try too, if you're a person who still feel very lazy to do a skin care routine. Dan khususnya para muslimah, merawat diri sekali lagi penting loh. Bukan karena terlihat cantik di mata orang, tapi mensyukuri pemberian Allah, ya nggak sih hehe. Dan sebenernya skin care itu fun dan bikin semangat haha.

Akhirul kalam, ingat! Tubuhmu rumahmu, jadi harus bersih dan dirawat (tapi kenapa lebih semangat ngerawat muka daripada kamar? lol)

1 komentar:

4 Jenis Skincare Ini Wajib Kamu Jalani Agar Wajahmu Awet Muda

Sumber: https://content.mybeautymatches.com/dist_1.0/editorial/Korean-Skin-care-1.jpg Pernah enggak Ladies, saat bercermin, kamu m...