Selasa, 20 Juni 2017

Belajar dari Fenomena Oleh-Oleh Kekinian dan Selebgram di SMESCO Halal Lifestyle Trend 2017

Assalamualaikum gaes! Udah seminggu lebih nggak ngisi postingan apa-apa nih, haha. Gimana puasanya? Alhamdulillah puasa gw lancar nih, sekeluarga sehat semua. Semoga kalian juga sehat dan fit selalu nih ya dalam menjalankan ibadah di penghujung Ramadhan aamiin. Btw, sebenarnya ada banyak cerita menarik yang bisa gw kisahkan pada kalian pembaca setia blog gw (yang entah ada atau enggak wkwkw). Eh iya sebelomnya sori nih ya, gw jadi nggak formal gini bahasanya, padahal dari kemaren udah kasual pake saya-saya-an segala. Gw cuma lagi mau ngalirin ide yang terlintas di benak gw sih.

Sebenernya ini malem gw lagi nontonin vlognya Gita Savitri Devi ketika tiba-tiba ide untuk bikin postingan ini melintas. Gita Savitri Devi. Seorang vlogger, blogger, sekaligus selebgram yang namanya belum lama gw kenal. Semua berawal dari event SMESCO Halal Lifestyle alias event kantor gw yang diadakan 13-15 Juni kemarin. Nah, Gita ini ceritanya jadi salah seorang pengisi acara di event Halal Lifestyle ini, tepatnya di hari kedua. Hmmm ... gw sih nggak bisa cerita panjang lebar ya, soal detail event SMESCO Halal Lifestyle Trend 2017 ini gimana. Overall sih, lumayan lah, Alhamdulillah aja dah ya acara berjalan lancar dari hari pertama sampe hari terakhir. Nggak ada keanehan fatal apapun yang mungkin aja bisa terjadi di sebuah event. Mungkin permasalahan ada pada traffic pengunjung yang bisa dibilang tidak begitu ramai. Naaaah, tapi sodara-sodara, traffic acara dan medsos (yang gw pegang) sempat meningkat pada hari kedua. Nggak lain nggak bukan karena si Gita Savitri Devi, yang namanya mirip ama gw ini wkwkw (nama doang Dev, nama).


Semenjak pra-event, ketika gw masih melakukan promo di medsos, banyak yang nanya-nanya ketika mereka tahu si Gita ini jadi salah satu bintang tamu di acara kita. Khususnya di Instagram ya. Dan ternyata saat hari-h, Gita ini memang jadi salah satu yang menarik pengunjung, yang mana mereka adalah penggemar setianya Gita. Kebanyakan dari mereka adalah remaja cewek yang menikmati vlog-nya Gita. Sebenernya ada banyak yang bisa gw ceritain dari sosok Gita ini sih. Yang jelas, ternyata doi nggak seperti kebanyakan selebgram yang pernah gw tau. Dia nggak sekadar endorser, tapi mungkin bisa dibilang embody what influencer is about. Gw baru tahu, bahwa ternyata di vlog-nya itu nggak sekadar seputar make up atau hijab tutorial, atau review make up dan skincare, atau seputar kesehariannya seorang Gita. Tapi dia juga menyisipkan konten-konten serius seperti share opini isu-isu yang lagi hangat, kayak misalnya tentang Suriah, atau islamophobia dll.

Fotonya terlalu bercahaya, karena kami baru turun dari kahyangan~ XD

Btw, Gita ini juga tau tentang MBTI loh. Pas gw ketemu dia di ruang VIP untuk bikin video promo singkat (yang mana viewnya rekor di IG Halal, mencapai 3000 view), gw sempat singgung dikit soal tipe MBTI dia. Gita ini seorang INTJ, i repeat I-N-T-J. Trus kenapa, Dev? Ya nggak apa-apa sih. Cuma keinget aja bahwa tipe INTJ di kalangan cewek itu menurut statistik amat sangat langka, semacam INFJ cowok yang juga makhluk langka. Mungkin ini bisa sedikit menjelaskan tentang visi misi Gita ketika vlogging. Ngikutin sesi talkshow-nya pun membuat gw semakin mempelajari sosok Gita yang tergolong inspiring ini. Gw udah nggak gitu inget sih apa aja yang dia share (maafkeun heuheu), tapi intinya siiiiih dia berharap bisa membuka pikiran orang-orang yang menonton konten videonya. Intinya dia mau bikin konten video yang bergizi. Gw udah nonton beberapa videonya, tapi belom yang serius sih, hehe. Yang gw tonton itu daily make up tutorial-nya Gita. Dan dua video tentang daily make up dia yang gw tonton, gw berpikir nih anak lucu juga ya wkwkw. Nggak kayak kebanyakan vlogger yang pernah gw tonton sih. Doi apa adanya banget gitu hehe. Dia bilang, "bikin alis itu melelahkan dan nggak efisien. Iya sih suka gambar, tapi bukan gambar alis". Tapi ya gimana sih ya Git, banyak follower yang pasti penasaran ama tampilan make up dirimu yaaa hahaha. Dan kehadiran Gita sebagai seorang selebgram dan vlogger ini emang mewarnai event SMESCO ya. Nggak hanya bawa massa di offline dan online, selepas sesinya dia orang-orang udah pada nungguin buat foto bareng. Antriannya pun nggak kalah sama antrian Lamington Pontianak wkwkw.


Ngomong-ngomong, udah pada tahu belom Lamington Pontianak itu apaan? Lamington Pontianak ini adalah oleh-oleh kekinian dari Pontianak milik artis Glenn Alinski. Dia masuk dalam jejeran oleh-oleh kekinian milik Jannah Corp (yang di dalamnya ada Bandung Makuta, Surabaya Snowcake, Mamahke Jogja, dan buanyak lainnya). Lamington itu sebenernya nama kue khas Australia tapi kayaknya dimodifikasi ngikutin selera Indonesia sih, terbukti Lamington ini ada yang rasa durian gitu.


Naaaaah, bicara soal Lamington Pontianak, ini dia nih hal lain yang juga memeriahkan event SMESCO Halal Lifestyle kemaren. Dari hampir 100 tenant yang ikutan bazar produk muslim friendly dari berbagai sektor (fashion, kuliner, B2B, travel agent, dll), bisa dibilang Lamington Pontianak ini yang paling sukses meraup untung cukup besar. Berdasarkan hasil wawancara tim redaksi Halal Lifestyle dengan True Money selaku penyelenggara transaksi e-money sepanjang acara, Lamington Pontianak meraih omset sampai 20 juta. Lumayan gede juga sih, mengingat itu acara lagi bulan puasa, dan traffic yang nggak gitu ramai. Dan bisa dibilang, Lamington juga ngebawa traffic buat acara Halal Lifestyle ini. Meski yang sedikit disayangkan, trafficnya banyak juga diisi sama babang ojek online yang beli pesanan orang, dan kebanyakan pembeli lain pun cuma hit and run aja, KAYAKNYA ya.

Antrian Lamington udah dari pagi sejak stand baru dibuka, warbiyasak


Bercermin dari kesuksesan Lamington Pontianak di event SMESCO Halal Lifestyle Trend 2017 ini, yang namanya oleh-oleh kekinian ini ternyata bisa jadi magnet mendatangkan orang ya. Padahal menurut gw sih, dibanding Bandung Makuta atau Surabaya Snowcake ya, pamornya Lamington masih nggak terlalu sebanding. Namun tetep aja sukses menarik minat warga Jakarta. Gw sendiri dari kapan entah udah penasaran ama oleh-oleh kekiniannya seleb yang lagi marak di media sosial raya di Indonesia. Walau belakangan jadi agak mempertanyakan beberapa yang kabarnya nggak sebanding rasa dan hype serta antrian yang naudzubillah. Alhamdulillah, kemaren gw kebagian rezeki icip Lamington rasa keju. Lembut dan kerasa sih kejunya ya, apalagi yang gw cicipin habis ditaro di pendingin, jadinya dingin-dingin empuk gimana gitu hehee. Tapi yaaaa cheese cake aja sih pada dasarnya. Kabarnya menurut teman gw si Mulki, yang rasa Red Velvet lebih enak.

Jadiiii, ada benang merah yang bisa disangkut-sangkutin nggak nih dari kasus Gita Savitri Devi dan Lamington Pontianak? Ada banget dong tentunya. Satu kata aja: media sosial. Gita Savitri Devi sebagai selebgram dan Lamington Pontianak sebagai produk kuliner, menjadi viral melalui media sosial. Mungkin inilah salah satu bukti nyata "The Power of Social Media" yang bisa memberi influence cukup besar bagi pasar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Jenis Skincare Ini Wajib Kamu Jalani Agar Wajahmu Awet Muda

Sumber: https://content.mybeautymatches.com/dist_1.0/editorial/Korean-Skin-care-1.jpg Pernah enggak Ladies, saat bercermin, kamu m...