Jumat, 09 Juni 2017

[Review] Kajian Hijup Ramadhan Festival: Wahai Muslimah, Sesungguhnya Allah Mencintaimu

Mencari kebahagiaan hakiki

Salah satu kebahagiaan hakiki nan sederhana yang bisa dirasakan seorang manusia adalah mendapatkan jawaban atas pertanyan-pertanyaan yang sedang ia pikirkan. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya akan hal-hal, merasakan keragu-raguan dan kecemasan dalam hidup? Saya sedang mengalaminya--well, bisa dibilang sering sih hehe. Dan Kajian Ustadzadh Halimah Alaydrus hari ini seolah menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya.

Berhubung ini bulan Ramadhan, dan saya sedang ingin kembali ke jalan-Nya yang benar, maka Kajian Ramadhan yang diadakan Hijup di hari Jumat ini menarik perhatian saya. Salah satu sisi positif bekerja di Halal Lifestyle saat ini adalah waktu yang cukup fleksibel. Dan alhamdulillah, diizinkan sama Pimred Halal Lifestyle (Mbak Tami makasih banyak yaa). Kajiannya sendiri diadakan di The Hall Senayan City, jam 11.00-12.30. Kajian ini jadi salah satu dari rangkaian acara-acara yang diadakan Hijup Ramadhan Festival.


Tema kajian Ustadzah ini menyentuh banget, makanya bikin saya memutuskan untuk datang ke kajian ini. Well, awalnya sih saya memang diinformasikan adanya kajian ini sama salah seorang teman saya, Mbak Iefa (makasih infonya ya mbak). Belakangan saya baru tahu kalau kita harus pilih di antara dua kajian yang diadakan Hijup hari ini, yaitu kajian Ustadzah Halimah atau Ustadz Yusuf Mansur.

"Duhai Wanita, Allah Mencintaimu", itu tema yang menjadi topik tausiyah dari Ustadzah Halimah tadi. Mungkin karena kajian ini banyak didatangi ibu-ibu, jadi agak ibu-ibu sentris gitu sudut pandangnya, tapi bisalah diaplikasikan ke semua orang. Hal pertama yang menyentuh dan membangkitkan semangat adalah ketika ustadzah bilang, "Wahai muslimah, jika suamimu berlaku tidak baik padamu, jangan bersedih. Sungguh, Allah akan memberikan kebaikan yang banyak padamu. Karena Allah sungguh Mencintaimu. Maka, pantaskan dirimu untuk menjadi orang yang dicintai-Nya".

Dalam hidup ini, banyak hal-hal yang berjalan nggak sesuai dengan ekspektasi dan harapan kita. Dalam berumah tangga, tidak selalu semua berjalan seperti cerita Drama Korea. Nggak selalu seorang muslimah mendapatkan sosok imam yang penyayang, perhatian dan mau menjaganya. Ada kalanya muslimah harus menghadapi sosok suami yang galak, nggak perhatian, berkata kasar dan lain-lain. Bahkan harus menghadapi kasus perselingkuhan. Setelah mendengar cerita berbagai orang, dan melihat ke sekeliling, memang kondisi tidak ideal itu sangat mungkin terjadi. Namun ternyata, ada banyak hikmah di balik kejadian-kejadian tersebut. Dan semua kejadian menyedihkan dalam hidup sesungguhnya untuk mengingatkan kita agar kembali pada-Nya. Karena hanya Allah yang nggak akan pernah meninggalkan kita. Semua hal di dunia ini bisa berubah, nggak ada yang abadi. Tak ada yang benar-benar milik diri kita. Namun Allah selalu ada, hanya Ia Yang Abadi. Maka dalam hidup ini, cinta-Nya lah yang paling utama. Gimana cara agar kita mendapatkan cinta-Nya?



Ada empat poin yang disampaikan oleh Ustadzah Halimah Alaydrus. Yang pertama, pilihlah selalu Allah dalam hidupmu. Ada sebuah riwayat menarik yang bisa menjadi analogi yang baik dari poin ini. Yaitu kisah seorang muslimah di zaman Rasulullah yang menunjukkan ketaatan dan konsistensinya dalam memilih Allah dan Rasulnya. Ia bersedia menikahi seorang pemuda bernama Julaibib, yang tidak tampan dan tidak memiliki nasab keluarga karena itulah yang dikehendaki Rasulullah. Kisah itu bisa jadi pelajaran bagi kita untuk mengerjakan segala sesuatu bukan berdasarkan kehendak diri sendiri. Namun pilihlah apa yang menjadi ridho-Nya.

Poin kedua adalah pilihlah jalan taqwa. Hidup di zaman masa kini emang banyak banget tantangannya. Bagi yang belum menikah, pilihan untuk menjalin hubungan yang nggak halal pun menjadi godaan. Betapa berat meninggalkan kosmetik atau produk-produk lainnya yang bagus tapi mengandung bahan-bahan yang haram. Betapa banyaknya godaan jerat riba. Namun, apapun itu, laksanakan perintah-Nya dan jauhilah larangan-Nya. Mungkin dalam pelaksanaannya nggak selalu mudah karena ya itu ujiannya. Namun kita selalu bisa bangkit lagi, setelah terjatuh berkali-kali, Pintu taubat selalu terbuka selama kita masih diberi kesempatan hidup bukan?

Poin ketiga dalam meraih cinta-Nya, bersandarlah selalu pada Allah semata. Kalo kata Ustadzah, bersandar yang lepas aja. Kayak kalo kita lagi mau senderan di bahu orang di saat lelah. Atau seperti ketika kita tidur. Lepas gitu aja nggak ada perlawanan. Seperti itulah seharusnya kita menjalani hidup kita. Karena apapun yang menjadi pemberian-Nya, yakini itu yang terbaik dari Allah. Dan poin terakhir yang penting, banyak-banyak berdoa. Nggak boleh jauh dari doa. Dan doakan semuanya, anak-anakmu, saudara, kedua orang tua, orang-orang sekeliling, umat dan termasuk doa untuk diri sendiri.

Masya Allah, dateng ke kajian ini emang jadi penyegaran dan recharge iman banget buat diri saya pribadi. Manusia memang harus selalu diberi reminder, terus-menerus karena kita ini tempatnya lupa, tempatnya khilaf. Dan sejauh perjalanan hidup ini, sering disadarkan, dunia ini kadang emang terasa apa banget deh hehehe. Kesenangan yang ditawarkannya semu, dan pada akhirnya kita akan kembali berhadapan dengan ruang kehampaan dalam hidup yang bikin sekujur tubuh dan tulang-belulang rasa remuk. Padahal kita nggak banyak melakukan aktivitas fisik yang berat. Memang, kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan pilihlah selalu kebahagiaan yang abadi, yakni kebahagiaan akhirat kelak.

Salah satu kebahagiaan dunia bagi wanita. Btw itu nama brand-nya kayak nama saya, semoga pertanda wkwkw
ini unyu banget scarf segiempatnya


Btw, di acara Hijup Ramadhan Festival, selain mendapatkan kajian dan tausiyah penyejuk iman, juga ada bazaar baju dan hijab penyejuk mata, dengan diskon gila-gilaan. Ada scarf square denga motif printed gitu yang jadi inceran saya dari kemaren. Itu loh, yang lagi kekinian dipake selebgram-selebgram, yang warnanya pastel unyu, dan motif bunga-bunga ala watercolor gimana gitu. Udah gitu tadi nemu baju bahannya tebel kece gitu, harganya juga tergolong murah. Look kayak harga 300-500rb-an, tapi harganya 150rb. Dan tadi nemu lip cream inceran baru, pixy lip cream no 01, chic rose. Alhamdulillaah belum dikasih rezeki untuk ngeborong hehehe.

pixy lip cream no.01 ini oke banget
nyicipin lipstik gapapa, asal jangan dijilat terus ditelen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Jenis Skincare Ini Wajib Kamu Jalani Agar Wajahmu Awet Muda

Sumber: https://content.mybeautymatches.com/dist_1.0/editorial/Korean-Skin-care-1.jpg Pernah enggak Ladies, saat bercermin, kamu m...